SMPN 22 dekat Masjid Akbar Surabaya, dijadikan tempat Diklat KS Angkatan III yang diikuti 97 KSDN. Acara berlangsung 7.30 s.d 16.30
Lampiran 3.
JADWAL DIKLAT KEPEMIMPINAN
DAN MANAGERIAL
KEPALA SEKOLAH DASAR DI SURABAYA TAHUN 2018
Angkatan IIl (Ketiga)
Tempat: SMPN 22
Surabaya
Jln. Gayungsari Barat X No. 38, Gayungan, Kota Surabaya
Jam
|
Materi Pelatihan
|
Narasumber/
Fasilitator
|
IN 1 - Hari Pertama (I) – 20 Agustus 2018
|
||
08.00 – 09.30
|
Sesi 1: Pembukaan dan Kebijakan Pendidikan Surabaya (2 JP)
|
Kadisdik Kota Surabaya
|
09.30 – 11.45
|
Sesi 2: Pengembangan Keprofesionalan
Berkelanjutan (3 JP)
|
Prof. Mustaji
|
11.45 – 13.00
|
Istirahat
|
Panitia
|
13.00– 15.15
|
Sesi 3: Manajemen
Perubahan/Transformatif (3 JP)
|
P. Djuli Djati P
|
15.15-
|
Istirahat
|
Panitia
|
IN 1 - Hari Kedua (II) – 21 Agustus 2018
|
||
08.30 – 11.30
|
Sesi 4: Konsep MBS (4 JP)
|
P. Harmanto
|
11.30 – 12.30
|
Istirahat
|
Panitia
|
12.30 – 15.30
|
Sesi 5: Menyusun Rencana Program MBS di Sekolah (4 JP)
|
P. Bambang Sigit
|
15.30-
|
Istirahat
|
Panitia
|
ON
|
Praktik Pelaksanaan MBS dan Inovasi di Sekolah
(23—27 Agustus 2018)
|
|
IN 2 – Hari Pertama (I) – 28 Agustus 2018
|
||
08.30 – 11.30
|
Sesi 1: Etika dan Disiplin Pengawai (4 JP)
|
Bu. Anis Masluchah
|
11.30 – 12.30
|
Istirahat
|
Panitia
|
12.30 – 14.00
|
Sesi 2: Refleksi dan tindak
lanjut praktik MBS (2 JP)
|
Prof. Sarmini
|
14.00– 15.30
|
Sesi 3: Refleksi dan tindak lanjut praktik Inovasi KS (2 JP)
|
Prof. Sarmini
|
15.30-
|
Istirahat
|
Panitia
|
Hari Kedua (II) – 29 Agustus 2018
|
||
08.00 – 10.55
|
Sesi 4: Gaya Kerja Kepala Sekolah (3 JP)
|
P. Martadi
|
10.15 – 11.45
|
Sesi 5: Monitoring dan Evaluasi Program Sekolah (2 JP)
|
P. Karwanto
|
11.45 – 13.00
|
Ishoma
|
Panitia
|
13.00 – 15.15
|
Sesi 6: Penjaminan Mutu Pendidikan (3 JP)
|
P. Karwanto
|
15.15 – 15.30
|
Penutupan kegiatan
|
1.Kebijakan Pendidikan Kota Surabaya 2 JP
2.Manajemen Perubahan (Transformatif) 4 JP
3.Konsep MBS 4 JP
4.Menyusun Rencana Program MBS di Sekolah 4 JP
5.Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan (PKB) KS 2 JP
Materi ON
1.Praktik Pelaksanaan MBS
2.Praktik Inovasi KS 16 JP
Materi IN-2
1.Monitoring dan Evaluasi Program Sekolah 3 JP
2.Refleksi dan tindak lanjut praktik MBS 2 JP
3.Refleksi dan tindak lanjut praktik Inovasi KS 2 JP
4.Gaya Kerja Kepala Sekolah 3 JP
5.Penjaminan Mutu Pendidikan 3 JP
6.Etika dan Disiplin Pengawai Negeri Sipil 4 JP
JUMLAH 48 JP
A. Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran
Berbasis Sekolah, meliputi:
1.
Perencanaan (pembuatan silabus dan RPP)
2.
Penyusunan kalender sekolah Panduan Pembinaan-Manajemen Berbasis Sekolah di Sekolah Dasar
3.
Pembagian tugas mengajar dan penyusunan jadwal mengajar
4.
Pelaksanaan pembelajaran (kegiatan pendahuluan, pembelajaran inti dan penutup)
5.
Penilaian pembelajaran(pelaksanaan penilaian, analisis hasil penilaian dan tindaklanjut
hasil penilaian)
6. Pengawasan melalui supervise
pembelajaran
7.
Penyusunan peraturan akademik (persyaratan kehadiran, ulangan, remedial, ujian,
kenaikan kelas, kelulusan, hak siswa, pelayanan konsultasi/bimbingan).
8.
Penentuan beban belajar (sistem pembelajaran, beban belajar)
9.Pemilihan
Strategi PAKEM: a)Konsepdasar, Model/strategimengajar,
c) Apa dan mengapa PAKEM, d) Arti Penting PAKEM e)PrinsipP AKEM, f)Keunggulan PAKEM,
g)Ciri-ciri PAKEM.
10.Pengawasan dan evaluasi serta
pelaporan
B. Manajemen Peserta Didik Berbasis
Sekolah, meliputi:
1. Pendataan
calon peserta didik
2. Penerimaan
Peserta Didik Baru (PPDB)
3. Pengenalan
sekolah/orientasi peserta didik
4. Pengelompokan
peserta didik‖Permendiknas19/2007
5. Pembinaan
karakter peserta didik
6. Penyelenggaraan
layanan khusus
7. Pengawasan,
evaluasi dan pelaporan
8. Memberikan
layanan konseling kepada peserta didik;
9. Melaksanakan
kegiatan ekstra dan kokurikuler untuk para peserta didik;
10.Melakukan
pembinaan prestasi unggulan;
11.Melakukan pelacakan terhadap
alumni.
C. Manajemen Pendidikdan Tenaga
Kependidikan Berbasis Sekolah, meliputi :
1.
Perencanaan kebutuhan
2.
Rekrutmen/pengadaan
3.
Pembinaan
4.
Pemberian motivasi
5.
Rotasi kerja
6.
Pemberhentian
7. Pengawasan, evaluasi kinerja
dan pelaporan
D. Manajemen Sarana dan Prasarana
Berbasis Sekolah, meliputi:
1.
Analisis kebutuhan dan perencanaan
2.
Pengadaan
3.
Inventarisasi
4.
Pendistribusian dan pemanfaatan
5.
Pemeliharaan
6.
Penghapusan
7. Pengawasan, evaluasi dan pelaporan
E. Manajemen Pembiayaan Berbasis
Sekolah, meliputi:
1.
Penyusunan Rencana Kerja Sekolah(RKS)/Rencana Kerja Jangka Menengah(RKJM) dan Rencana
Kerja Tahunan(RKT)
2.
Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah (RKAS)
3.
Penggalian sumber-sumber
4.
Pembukuan
5.
Penggunaan sesuai peraturan perundangan
6. Pengawasan, evaluasi dan pelaporan
F. Manajemen Hubungan Sekolah
dan Masyarakat Berbasis Sekolah, Meliputi:
1.
Analisis kebutuhan
2.
Penyusunan program
3.
Pembagian tugas pelaksana
4.
Pelaksanaan kegiatan
5. Pengawasan, evaluasi, dan pelaporan
G. Manajemen Budaya dan Lingkungan
Sekolah Berbasis Sekolah, meliputi:
1.Perencanaan
program kegiatan
2.Sosialisasi
program kegiatan
3.Pelaksanaan
program kegiatan
4.Pengawasan, evaluasi dan
pelaporan program kegiatan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar