Selasa, 21 Agustus 2018

DIKLAT IN ON KS

SENIN-SELASA, 20-21 AGT 2018
SMPN 22 dekat Masjid Akbar Surabaya, dijadikan tempat Diklat KS Angkatan III yang diikuti 97 KSDN. Acara berlangsung 7.30 s.d 16.30


Lampiran 3.
JADWAL DIKLAT KEPEMIMPINAN DAN MANAGERIAL
KEPALA SEKOLAH DASAR DI SURABAYA TAHUN 2018
Angkatan IIl (Ketiga)

Tempat: SMPN 22 Surabaya
               Jln. Gayungsari Barat X No. 38, Gayungan, Kota Surabaya

Jam
Materi Pelatihan
Narasumber/
Fasilitator
IN 1 - Hari Pertama (I) – 20 Agustus 2018
08.00 – 09.30
Sesi 1: Pembukaan dan Kebijakan Pendidikan  Surabaya (2 JP)
Kadisdik Kota Surabaya
09.30 – 11.45
Sesi 2: Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan (3 JP)
Prof. Mustaji
11.45 – 13.00
Istirahat
Panitia
13.0015.15
Sesi 3: Manajemen Perubahan/Transformatif (3 JP)
P. Djuli Djati P
15.15-
Istirahat
Panitia
IN 1 - Hari Kedua (II) – 21 Agustus 2018
08.30 – 11.30
Sesi 4: Konsep MBS (4 JP)
P. Harmanto
11.30 – 12.30
Istirahat
Panitia
12.30 – 15.30
Sesi 5: Menyusun Rencana Program MBS di Sekolah (4 JP)
P. Bambang Sigit
15.30-
Istirahat
Panitia

ON
Praktik Pelaksanaan MBS dan Inovasi di Sekolah
(23—27 Agustus 2018)
IN 2 – Hari Pertama (I) – 28 Agustus 2018
08.30 – 11.30
Sesi 1: Etika dan Disiplin Pengawai (4 JP)
Bu. Anis  Masluchah
11.30 – 12.30
Istirahat
Panitia
12.30 – 14.00
Sesi 2: Refleksi dan tindak lanjut praktik MBS (2 JP)
Prof. Sarmini
14.00– 15.30
Sesi 3: Refleksi dan tindak lanjut praktik Inovasi KS (2 JP)
Prof. Sarmini
15.30-
Istirahat
Panitia
Hari Kedua (II) – 29 Agustus 2018
08.00 – 10.55
Sesi 4: Gaya Kerja Kepala Sekolah (3 JP)
P. Martadi
10.15 – 11.45
Sesi 5: Monitoring dan Evaluasi Program Sekolah (2 JP)
P. Karwanto
11.45 – 13.00
Ishoma
Panitia
13.00 – 15.15
Sesi 6: Penjaminan Mutu Pendidikan (3 JP)
P. Karwanto
15.15 – 15.30
Penutupan kegiatan


Materi IN-1
1.Kebijakan Pendidikan Kota Surabaya                                      2 JP
2.Manajemen Perubahan (Transformatif)                                   4 JP
3.Konsep MBS                                                                            4 JP
4.Menyusun Rencana Program MBS di Sekolah                        4 JP
5.Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan (PKB) KS     2 JP

Materi ON
1.Praktik Pelaksanaan MBS                                                     
2.Praktik Inovasi KS                                                                  16 JP

Materi IN-2
1.Monitoring dan Evaluasi Program Sekolah                             3 JP
2.Refleksi dan tindak lanjut praktik MBS                                  2 JP
3.Refleksi dan tindak lanjut praktik Inovasi KS                         2 JP
4.Gaya Kerja Kepala Sekolah                                                     3 JP
5.Penjaminan Mutu Pendidikan                                                  3 JP
6.Etika dan Disiplin Pengawai Negeri Sipil                               4 JP
JUMLAH                                                                                  48 JP


A. Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran Berbasis Sekolah, meliputi:
1. Perencanaan (pembuatan silabus dan RPP)
2. Penyusunan kalender sekolah Panduan Pembinaan-Manajemen Berbasis Sekolah di  Sekolah Dasar
3. Pembagian tugas mengajar dan penyusunan jadwal mengajar
4. Pelaksanaan pembelajaran (kegiatan pendahuluan, pembelajaran inti dan penutup)
5. Penilaian pembelajaran(pelaksanaan penilaian, analisis hasil penilaian dan tindaklanjut hasil penilaian)
6. Pengawasan melalui supervise pembelajaran


7. Penyusunan peraturan akademik (persyaratan kehadiran, ulangan, remedial, ujian, kenaikan kelas, kelulusan, hak siswa, pelayanan konsultasi/bimbingan).
8. Penentuan beban belajar (sistem pembelajaran, beban belajar)
9.Pemilihan Strategi PAKEM: a)Konsepdasar,  Model/strategimengajar, c) Apa dan mengapa PAKEM, d) Arti Penting PAKEM e)PrinsipP AKEM, f)Keunggulan PAKEM, g)Ciri-ciri PAKEM.
10.Pengawasan dan evaluasi serta pelaporan

B. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah, meliputi:
1. Pendataan calon peserta didik
2. Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)
3. Pengenalan sekolah/orientasi peserta didik
4. Pengelompokan peserta didik‖Permendiknas19/2007
5. Pembinaan karakter peserta didik
6. Penyelenggaraan layanan khusus
7. Pengawasan, evaluasi dan pelaporan
8. Memberikan layanan konseling kepada peserta didik;
9. Melaksanakan kegiatan ekstra dan kokurikuler untuk para peserta didik;
10.Melakukan pembinaan prestasi unggulan;
11.Melakukan pelacakan terhadap alumni.

C. Manajemen Pendidikdan Tenaga Kependidikan Berbasis Sekolah, meliputi :
1. Perencanaan kebutuhan
2. Rekrutmen/pengadaan
3. Pembinaan
4. Pemberian motivasi
5. Rotasi kerja
6. Pemberhentian
7. Pengawasan, evaluasi kinerja dan pelaporan


D. Manajemen Sarana dan Prasarana Berbasis Sekolah, meliputi:
1. Analisis kebutuhan dan perencanaan
2. Pengadaan
3. Inventarisasi
4. Pendistribusian dan pemanfaatan
5. Pemeliharaan
6. Penghapusan
7. Pengawasan, evaluasi dan pelaporan

E. Manajemen Pembiayaan Berbasis Sekolah, meliputi:
1. Penyusunan Rencana Kerja Sekolah(RKS)/Rencana Kerja Jangka Menengah(RKJM) dan Rencana Kerja Tahunan(RKT)
2. Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah (RKAS)
3. Penggalian sumber-sumber
4. Pembukuan
5. Penggunaan sesuai peraturan perundangan
6. Pengawasan, evaluasi dan pelaporan

F. Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat Berbasis Sekolah, Meliputi:
1. Analisis kebutuhan
2. Penyusunan program
3. Pembagian tugas pelaksana
4. Pelaksanaan kegiatan
5. Pengawasan, evaluasi, dan pelaporan

G. Manajemen Budaya dan Lingkungan Sekolah Berbasis Sekolah, meliputi:
1.Perencanaan program kegiatan
2.Sosialisasi program kegiatan
3.Pelaksanaan program kegiatan
4.Pengawasan, evaluasi dan pelaporan program kegiatan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar